Saya kadang agak sedikit kesal ketika menggunakan Sniper pada musuh yang rajin bergerak. Selain itu, beberapa Skill DPSnya seperti Aerial Chain Shot, Arrow Shower dan Wind Shot sangat tergantung pada ukuran Boss/Monster. Bayangkan saja jika melawan Boss yang berukuran kecil dan terus bergerak, alhasil DPSnya bisa turun drastis.
Artillery juga memiliki kendala dalam Stabilitas DPS, seperti sulitnya Full Hit Swift Shot, Rapid Shot dan Frag Arrow. Namun semua itu terselamatkan oleh Cooldown dan Casting Time Skill yang cepat. Sehingga secara DPS Artillery bisa lebih konsisten dibandingkan Sniper. Lalu, bagaimana dengan Cap 90 nanti? secara sekilas sih Sniper akan mendapatkan peningkatan Damage. Oleh karena itu, untuk lebih jelasnya mari kita analisis.
Status Conversion Change
Pada Update Cap 90 nanti, Artillery akan mendapatkan peningkatan konversi Status INT dari 1 INT = 0.5 MATK menjadi 1 INT = 1 MATK (wuhh~). Jadi saya harus kembali memperhitungkan perkiraan Damage di Cap 90.
Dari Gear di atas berarti:
Magic Attack Artillery Cap 80
- MATK (tertinggi): 45186 ~ anggap saja 45000 (biar gampang)
- Jumlah INT: 17804 ~ anggap saja 17800 (biar bulet) :P
Berhubung Perhitungan Buff Artillery itu sangat Kompleks, jadi saya Asumsikan perhitungannya seperti ini saja:
Spiritual Excel
Efek: +21% INT
- 17800 x 0.21 = +3738 INT
- 3738 x 0,5 = 1869 MATK
All Red Jade Magician: +16% MATK
Plate : +10% MATK
- 1869 x 1.26 = 2355 MATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 45000 + 2355 = 47355
Sylph Aid
Efek: +20% MATK
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)
MATK Artillery Full Buff
- 45000 x 0.2 = 9000
Total MATK: 47355 + 9000 = 56355
Magic Attack Artillery Cap 90
Gearnya saya samakan dengan yang Cap 80, sehingga:
- MATK 45000
- Jumlah INT: 17800
Seperti yang saya katakan di paragraf pertama, Artillery pada Cap 90 mendapatkan peningkatan Konversi INT menjadi 1 INT = 1 MATK. Sehingga MATKnya akan meningkat sebesar:
- INT: 17800
- Peningkatan Konversi = 0.5 MATK
Peningkatan MATK:
- 17800 x 0,5 = 8900 MATK
- 8900 x 1.26 = 11214
MATK (No Buff) = 45000 + 11214 = 56214
Spiritual Excel
Pada Cap 90, Efek +INTnya dihilangkan T_T
Sylph Aid
Efek: +25% MATK (+5% Damage dari Cap 80)
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)
MATK Artillery Full Buff
- 56214 x 1.25 = 67466
Cap 80: 6.29 x 56355 + 18274 = 372747
Cap 80: 372747 x 1.48 = 551666
Cap 90: 248950 x 1.32 = 328614
Cap 80: 393% + 9789
Cap 80: 3.93 x 56355 + 9789 = 231264
Cap 80: 231264 x 1.48 = 342271
Cap 90: 162593 x 1.32 = 214623
Cap 80: 5.85 x 56355 + 14473 = 344150
Cap 80: 344150 x 1.48 = 509342
Cap 90: 418964 x 1.32 = 553032
Cap 80: 1.92 x 56355 + 2565 = 110767
Cap 80: 110767 x 1.48 = 163935
Cap 90: 132233 x 1.32 = 174548
Cap 80: 2.09 x 56355 + 10804 = 128586
Cap 80: 128586 x 1.48 = 163935
Cap 90: 193627 x 1.32 = 174548
Cap 80: 1.96 x 56355 + 4540 = 114996
Cap 80: 114996 x 1.48 = 170194
Cap 90: 131559 x 1.32 = 173657
Cap 80: 11.9 x 56355 + 25637 = 673190
Cap 80: 673190 x 1.48 = 996320
Cap 90: 361618 x 1.32 = 477335
Cap 80: 75.06 x 56355 + 111267 = 4341273
Cap 80: 4341273 x 1.48 = 6425084
Cap 90: 4264526 x 1.32 = 5629174
- Debuff terbaru Rapid Shot yaitu -20% Critical Resist
- Critical Resist Boss 60%
- Critical Chance Artillery 35%
- Damage Fatal Guided Shot menjadi 1.5x Guided Shot
- Cooldown Fatal Guided Shot adalah 16 detik
- Semua Skill Full Hit
Dari data di atas, DPS Artillery di Cap 90 dapat turun sebesar 6%.
Status Conversion Change
Pada Update Cap 90 nanti, Sniper akan mendapatkan peningkatan konversi Status AGI dari 1 AGI = 0.5 PATK menjadi 1 AGI = 0.75 PATK. Jadi saya harus kembali memperhitungkan perkiraan Damage di Cap 90.
Physical Attack Sniper Cap 80
- PATK(tertinggi): 51576
- Jumlah AGI: 20792
Spiritual Excel
Efek: +21% AGI
- 20792 x 0.21 = +4366 AGI
- 4366 x 0,5 = 2183 PATK
All Red Jade Magician: +16% PATK
Plate : +10% PATK
- 2183 x 1.26 = 2750 PATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 51576 + 2750 = 54326
Sylph Aid
Efek: +20% PATK
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)
PATK Artillery Full Buff
- 51576 x 0.2 = 10315
PATK Total: 54326 + 10315 = 64641
Physical Attack Sniper Cap 90
Gearnya saya samakan dengan yang Cap 80, sehingga:
- PATK(tertinggi): 51576
- Jumlah AGI: 20792
Peningkatan Status:
- AGI: 20792
- Peningkatan Konversi = 0.25 PATK
Peningkatan PATK:
- 20792 x 0.25 = 5198 PATK
- 5198 x 1.26 = 6550
PATK (No Buff) = 51576 + 6550 = 58126
Spiritual Excel
Efek: +27% AGI
- 20792 x 0.27 = +5614 AGI
- 5614 x 0,75 = 4211 PATK
All Red Jade Magician: +16% PATK
Plate : +10% PATK
- 4211 x 1.26 = 5306 PATK
Jadi, total damagenya + Spiritual Excel adalah 58126 + 5306 = 63432
Sylph Aid
Efek: +25% MATK (+5% Damage dari Cap 80)
(Durasi Buffnya saya asumsikan permanen, supaya mudah menghitung Maksimal Damagenya)
MATK Artillery Full Buff
- 58126 x 1.25 = 14532
Total PATK: 63432 + 14532 = 77964

Twin Shot
Cap 80: 1.48 x 64641 + 7423 = 103101
Cap 80: 103101 x 1.8 = 185581
Cap 90: 102133 x 1.7 = 173626
Cap 80: 6.2 x 64641 + 16911 = 417685
Cap 80: 417685 x 1.8 = 751833
Cap 90: 864621 x 1.7 = 1469855
Cap 80: 2.08 x 64641 + 5369 = 139822
Cap 80: 139822 x 1.8 = 251680
Cap 90: 173860 x 1.7 = 295562
Cap 80: 1.92 x 64641 + 2565 = 126676
Cap 80: 126676 x 1.8 = 228016
Cap 90: 131759 x 1.7 = 223991
Cap 80: 7.62 x 64641 + 21736 = 514300
Cap 80: 514300 x 1.8 = 925741
Cap 90: 653338 x 1.7 = 1110675
Durasi Siege Stance meningkat dari 8 detik menjadi 10 detik, berarti ada kemungkinan tambahan 2x serangan, sehingga perhitungannya menjadi:
Cap 80: 925741 x 7 = 6480187
Cap 90: 1110675 x 9 = 9996075
Cap 80: 0.66 x 64641 + 320 = 42983
Cap 80: 42983 x 1.8 = 77370
Cap 90: 49897 x 1.7 = 84825
Cap 80: 7.74 x 64641 + 30948 = 531269
Cap 80: 531269 x 1.8 = 956285
Cap 90: 422565 x 1.7 = 718
Cap 80: 1.52 x 64641 + 2333 = 100587
Cap 80: 100587 x 1.8 = 231351
Cap 90: 141115 x 1.7 = 310453
- Critical Resist Boss 60%
- Critical Chance Sniper 89%
- Semua Skill Full Hit
- Wind Shot diasumsikan 20 Hit dan Cooldown 15 detik
Dari data di atas, DPS Sniper di Cap 90 dapat naik sebesar 90%.
Kesimpulan
Seperti yang saya katakan di kalimat awal Post ini, DPS Sniper masih kurang stabil. Beberapa Skillnya masih bergantung pada ukuran dan pergerakan Boss. Hal itu diperparah dengan Casting Time beberapa Skillnya yang lumayan lama, seperti Siege Stance (10 detik), Arrow Shower (6 Detik) dan Arrow Barrage (4 detik). Berbeda dengan Artillery yang memiliki Skill dengan Casting Time dan Cooldown Skill lebih cepat. Jadi saya sih menganggap Boost ini sangat wajar untuk Sniper.
Bagaimana pendapat kalian??