Friday, May 27, 2016

Memperbaiki Kesalahan Yang Pernah Dilakukan Pada Konsumen




Kebanyakan pebisnis tentu pernah melakukan kesalahan yang menyebabkan konsumen kecewa. Kesalahan bisa diakibatkan oleh pelayanan, pemasaran yang tidak efektif serta kesalahan produk yang dipasarkan. Masalah ini memang tidak bisa dianggap remeh karena bila diabaikan akan berdampak pada bisnis yang dijalankan. Berikut ini akan Kami jelaskan cara untuk memperbaiki kesalahan pada konsumen yang tepat untuk dilakukan.

1. Selalu mengevaluasi pelayanan yang diberikan
Bila terdapat kesalahan dalam proses pelayanan maupun pemasaran produk yang dijual, perlu adanya evaluasi lebih lanjut. Evaluasi kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya dan memperbaiki kesalahan tersebut. Bila perlu lakukan survei lokasi untuk mengetahui keluhan dari konsumen mengenai produk yang dipasarkan.

2. Menerima keluhan yang diberikan konsumen
Sebagai pebisnis, Anda perlu melakukan hal yang kooperatif. Maksud kooperatif adalah melakukan dukungan dan kerjasama yang baik dengan divisi atau bagian yang menangani keluhan konsumen. Lakukan evaluasi dari keluhan yang disampaikan oleh konsumen sehingga dapat segera memperbaiki kesalahan yang terjadi. Anda juga perlu mengkontrol bagian pelayanan konsumen agar pelayanan yang diberikan konsumen lebih maksimal

3. Selalu mengutamakan layanan yang maksimal
Bila Anda pernah melakukan kesalahan yang menyebabkan konsumen kecewa, usahakan jangan melakukan kesalahan yang sama. Lakukan pelayanan yang maksimal agar konsumen yang kecewa mulai mau memaafkan kesalahan yang pernah terjadi sehingga dia mau berbelanja kembali di tempat Anda. Selain itu, pebisnis perlu mencari ide-ide kreatif dalam mengembangkan produk yang lebih inovatif sehingga konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk terbaru Anda.

Jadikan kesalahan yang pernah terjadi sebagai pelajaran untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Usahakan tidak melakukan kesalahan yang pernah terjadi sebelumnya sehingga konsumen tidak merasa dikecewakan kembali. Berikan layanan yang maksimal pada konsumen dan selalu evaluasi kesalahan-kesalahan yang terjadi sehingga bisnis dapat maju dan berkembang.

0 comments:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html